FAQ Jasa Setting VPS Tanpa Panel

FAQ


Jasa setting VPS itu, jasa apa ya

Saya menyediakan jasa setting VPS. VPS-nya saya khususkan untuk meng-online-kan web berbasis Wordpress

Anda membeli VPS nya dari penjual VPS, lalu saya yang setting.

Ibarat Anda beli laptop, masih belum ada Windows nya, Anda bawa ke tempat service komputer yang menyediakan instalasi Windows sehingga laptop bisa Anda gunakan.

VPS pun sama, VPS adalah komputer di suatu tempat yang umumnya digunakan utk menyimpan web. Pada saat beli VPS, VPS itu ga bisa langsung digunakan. Harus disetting dulu, saya lah salah satu tukang setting VPS.

Anda akan saya kasih panduan cara manage nya, ada artikel ada video.

Pelanggan saya juga banyak banget yang baru pertama kali terjun ke dunia VPS. Jadi tidak usah khawatir gimana nanti cara ngoperasiin VPS nya.

VPS settingan saya itu non panel, tanpa panel2 an kayak cPanel, Webuzo, Serverpilot, dll. Kenapa? Biar web Anda optimal.


Apakah settingan server sama

Server settingan saya beda-beda. Settingan server yang punya RAM 1GB berbeda dengan settingan server yang RAM nya 32GB. Jadi racikannya beda, menyesuaikan spek server


Saya pernah pake panel kayak Webuzo, VestaCP, cPanel, ServerPilot. Tapi sering error, kenapa ya

Kalo Anda menggunakan panel / stack tersebut maka bisa saja settingan bawaan developer ngga maksimal. Panel-panel tsb blm tentu mendesain server secara optimal. Bisa aja settingan untuk server yang RAM nya 32GB disamaratakan dgn settingan sever RAM 2GB, jd ngga optimal karena seolah resource-nya ketahan. Kita sebagai pemilik server harus optimasi lagi, harus mikir otak untuk menyesuaikan settingan server dengan kebutuhan web.


Kalo tanpa panel gitu ntar tampilan kaya apa

Tidak ada tampilan. Tidak ada URL yang bisa Anda akses di browser. Kalo Anda beli server unmanaged, di penjual Server mana pun yang tanpa panel, pasti tidak akan nemu tampilan yang mirip cPanel.

Server itu kan sebuah komputer yang terletak di suatu tempat. Kalo diibaratin kaya mobil2an yang ada remotnya. Mobil-mobilan kan dikendaliin oleh remot, untuk maju mundur, kiri kanan.

Server pun sama untuk "ngendaliin" komputer tersebut, ada software nya yang bisa Anda gunakan. Namanya PuTTY atau Xshell. PuTTY di sini semacam remot pada mobil-mobilan.

Jadi kalo Anda mau matiin Server / komputer, Anda mengetikan 1 baris kode di PuTTY dan menekan tombol Enter. Maka perintah yang Anda masukan akan diterima oleh server dan server pun akan mati /shut down.

Misal Anda perlu install software, kalo di Windows kan download, klik, install klik, buka, klik. Serba klik.

Kalo di server, ngga ada klik, semuanya dilakukan lewat baris kode, kaya programmer gitu mas, agak keren keliatannya hehe.

Mau download kasih perintah namanya wget

wget http://example.com/file.zip

Artinya: "Hey program bernama wget, tolong downloadin file bernama file.zip yang ada di example.com". Itu serupa dengan kalo Anda download lewat browser, kan tinggal copas, Enter, save ke laptop mas. Jadi sama sekali tidak akan ketemu tampilan apa pun.

Kalo mas penasaran tampilan PuTTY, seperti ini penampakannya:



Mau add domain gimana

Kalo di cPanel Anda mau tambah domain, kan tinggal klik add domain, mau install WordPress tinggal masuk menu auto install WP (Fantastico / Softaculous).

Nah di server yang saya racik, kalo Anda mau tambah domain nanti ada panduannya, ada video nya juga. Sebagai bocoran kalo Anda mau add domain yang ada wordpressnya, Anda tinggal copy 1 baris kode, kemudian paste ke layar PuTTY, diakhiri Enter. Selesai. Proses nya ga makan waktu 5 menit.

Jadi secara tampilan tidak ada, tapi secara fungsi sama.


Kalo mau manage database gimana

Tidak usah bingung, saya jg akan install kan fitur-fitur yang biasa mas gunakan di cPanel, misalnya phpMyAdmin untuk ngolah database, kalo ini tampilan sama kaya di cPanel, kayak gini:



Terus, kalo mau ngedit file

Tenang, ada File Manager. File manager nya beda dengan cPanel, tapi kalo Anda sudah terbiasa dengan Google Drive, maka ngga akan asing, seperti ini:


Atau demo File Manager yang akan saya install bisa Anda cek di sini

https://manage.hardinal.com/?username=demo&password=demo

Langsung klik login aja untuk melihat-lihat

Dengan File Manager ini, Anda nanti akan bisa edit file, copy paste, nge-ZIP, delete, dll. Secara fungsi ga jauh dgn File manager nya cPanel.


Bisa add berapa domain

Jumlah domain unlimited. Tp tergantung size web Anda jg, kalo web Anda berukuran masing-masing 1GB, Anda sewa server (VPS) yang $5/m yang size nya 25GB akan nampung domain sebanyak 20 an buah. Kalo size domain lebih kecil, tentu lebih banyak. Jadi pembatasan domain itu karena disk nya memang dibatasi.


Mudah nggak penggunaan server tanpa panel itu

Inilah yang membedakan jasa saya dgn jasa lainnya. Yaitu after market atas jasa yang saya berikan. Banyak pelanggan saya yang pemula dan baru pertama beralih ke VPS/DS. Jasa setting server yang saya berikan menyertakan panduan yang bisa dibaca, dan klien-klien saya pada senang, selain web nya tambah wuss, ternyata menggunakan VPS/DS itu tdk sesulit yang dibayangkan.


Bisa ngga untuk AGC

Selama skrip AGC nya Support Nginx, maka bisa. Kecuali skrip AGC nya tidak support Nginx, sangat bergantung pada file bernama .htaccess maka jadi custom order. NGINX nya saya ganti dengan APACHE.


Apakah terima semua niche

Saya tidak menerima niche yang melanggar hukum NKRI dan norma di masyarakat